Selasa, 23 Agustus 2011

Memperbaiki DVD Player

    Repair atau troubleshooting adalah kata yang tidak asing lagi bagi kita anak SMK, terutama pada jurusan kita Audio - Video yang selalu dihadapkan pada perbaikan dan perakitan barang – barang elektronika. Barang – barang elektronika sangatlah mudah rusak khususnya DVD Player, ini terutama disebabkan oleh panas yang berlebihan pada komponen, tidak stabilnya arus dari PLN dll.
Dalam materi ini kita akan membahas langkah – langakah mengatasi kesalahan pada DVD PLAYER

TEKNIK DASAR MENCARI KERUSAKAN PADA DVD

MATI TOTAL
SOLUSI : Perhatikan gejala mati total tersebut apakah karena disebabkan tegangan dari listrik PLN memang tidak masuk sama sekali. Biasanya mati total ini ditandai dengan tidak adanya sama sekali indikator yang menyala
Bila mempunyai multimeter dapat dengan mudah mengukur tegangan listrik dari kabel power ke rangkaian regulator (power supply).
bila memang tegangan power dari PLN masuk ke dalam unit power supply, bisa di ukur tegangan output dari power supply tersebut. DVD model terbaru hanya menggunakan 2 buah tegangan yaitu +5V dan +12V, umumnya model lama agak sedikit rumit Karena menggunakan +12V,-12V,+5V,+3,3V.
Bila ternyata tegangan tersebut semua ada, bisalah dipastikan Decoder Board nya yang rusak, atau istilah kerennya dikalangan kita adalah MPEG tetapi jangan langsung mengganti MPEG tersebut karena biasanya bukan rusak dari rangkaian "Hardware", tetapi ada kemungkinan rusak karena "Firmware" corrupt atau hilang, jadi jangan terburu buru ganti MPEG, apalagi DVD model baru yang menggunakan SPI Flash, itu lebih sering rusak "firmwarenya" solusinya tinggal isi lagi "firmwarenya" dari PC ke DVD player tersebut.

Tidak ada suara
gejala tidak ada suara biasanya di karenakan rangkaian Mute bekerja atau bisa juga karena Ic Pre amp (4558) rusak. bila rusak karena rangkaian mute bekerja, cabut saja 2 buah transistor pada bagian Mute tersebut, kerusakan ini sering di dapati pada DVD Vitron.





PROBLEM NO DISK PADA DVD
Penyebab utama adalah optic, tetapi perhatikan dulu gejalanya, karena juga terkadang dari motor spindle, bisa terjadi juga dikarenakan kabel flexsible rusak.
Kerusakan optik biasa pada umumnya terjadi karena laser dioda sudah tidak menghasilkan output power yang sesuai, umumnya output laserdiode DVD player adala  h 7mW untuk DVD, untuk VCD dan CD berkisar antara 5mW

Dan juga kerusakan bisa terjadi karena sudut penembakan laser diode yang tidak presisi ,karena begitu kecil ukurannya bagi mata awam untuk membuat ukuran tersebut normal kembali yaitu mikrometer,jadi sebenarnya optik yang rusak bisa diperbaiki dengan menggunakan alat yang lengkap, tetapi karena harga alat tersebut amat mahal, lebih baik beli yang sudah jadi.

TRIK MENGATASI DVD NO DISC DENGAN WD 40

    Coba praktekkan trik sederhana ini untuk mengatasi kerusakan DVD " NO DISC ".Caranya dengan membuka mekanik DVD dan kita posisikan terbalik, SPINDLE motor boleh dilepas atau tetap terpasang pada mekaniknya. Semprotkan cairan WD 40 pada sekitar as rotor belakang dari SPINDLE motor sedikit saja (satu kali semprot). Putar motor dengan menggunakan tangan beberapa kali sampai dimungkinkan as dari motor terlumasi.Tempatkan mekanik ke posisi semula dan bersihkan mekanik dari sisa cairan yang mungkin tercecer dengan menggunakan tissue atau kapas. Hati hati pada saat menyemprot jangan sampai cairan mengenai mata optic DVD.
Perlu di ketahui sebelum melakukan hal di atas harus kita yakinkan dahulu bahwa yang menyebabkan DVD NO DISC adalah memang dari SPINDLE motor.Dapat kita lihat sepintas dengan mengamati mekanik DVD saat di operasikan, cirinya OPTIC terlihat masih bersinar merah, putaran piringan terlihat lambat dan berat,dan kerja mekanik yang lain normal.

Sumber :
 Scribd.com

20 Comment:

Anonim mengatakan...

gan mau tanya neh, saya mempunyai dvd player merk daiken. permasalahannya terjadi ketika saya membersihkan debu di sekitar dvd player, dan pada saat saya hendak meletakkan kembali dvd player saya, pada saat itu kabel listrik membuat dvd saya menggantung. dan ketika saya hendak melihat ke bagian sambungan dengan cok sambung seketika itu juga dvd saya terbanting setelah saya pasang ternyata gambar ada dan suara sangat kecil sekali, dan harus menyetel suara di tv hingga full itu pun tidak terlalu besar suaranya. mohon bantuannya gan

Mochamad Ari @ Elektronika mengatakan...

Jika permasalahan sperti itu yang muncul., hanya satu troubleshoting yang diperlukan..
Solder ulang bagian Penguat Driver Audio,
letaknya diluar dari MPEG yang jelas...
Sntuk merk Daiken, saya belum pernah tw,.. tapi umumnya Penguat Driver itu yang dekat dengan Socket RCA yang belakang.

Permasalahan yg bisa terjadi:
1. Periksa Sambungan board terhadap socket RCA, ukur dengan OHmmeter, apakah tersambung atau ada hambatan yang besar, jika ada hambatan yang besar dicurigai bahwa solderan lepas.
2. yang perlu diingat bahwa IC tidak akan bahkan jarang sekali rusak karena bantingan dari DVDnya., yang rusak hanya solderannya yang lepas atau putus.
terima kasih atas kunjungannya..

ma'af jika ada salah kata, cz baru pemula...

Anonim mengatakan...

terima kasih atas sarannya gan, bila agan mengatakan untuk mengecek solderan yang lepas, tetapi bila pcb nya dual layer gimana gan. dan satu lagi gan. apakah agan mempunyai rangkaian elektronika untuk shotgun mic, yg bisa mendengarkan pembicaraan orang dari jarak jauh. tolong di bantu ya gan. bila berkesempatan add facebook "satria depari" dan di posting juga pemecahannya di facebook. terimakasih gan

Anonim mengatakan...

Bro, kalo power supply dvd outputnya cuma 8v dan 3volt. seharusnya 12 dan 5 ya? efeknya dvd srg no disk. tapi cd/vcd gpp. itu bagian apa yg biasa rusak dan dicek yah ? thx.

Mochamad Ari @ Elektronika mengatakan...

@Anonim..
Yang jelas dipower supplynya bro.. untuk pastinya saya juga tidak begitu mengerti jika tidak melihat wujudnya..

Biasanya klo tegangan turun disebabkan oleh Resistor yang melonjak naik tahanannya atau ElCo sekitar power Supply yang bocor atau kering...

Sebelumnya coba periksa tegangan output dari IC 7812 dan 7805 jika ada... teliti tegangan inputnya pula... jika disitu ternyata tegangan kurang, maka tak lain dan tak bukan terdapat trouble di sistem switching....


Sbg Saran, klo Power Supply sistem Switching, mending ganti aja bro dengan yang baru dan sepadan spesifikasinya...

Terima kasih atas kunjungannya, dan ma'af jika ada salah kata.

Anonim mengatakan...

ps dvd gak pakai ic regulator macam 7812 dan 7805.
cuma smps switcher, optocupler. sya bingung cara cek swithcer dan optocupler. elco sih sudah diganti yg low esr. makanya sayang juga mau beli lagi, uda tanggung diganti yg bagus2. malas copot lagi.

btw thanks.

boodee mengatakan...

Gan, saya punya dvd player polytron...tetapi sekarang sering no disc kalo, meskipun dvd nya baru... yang di check apanya dulu ya..trims
(note: pemakaiannya dalam kurun 3 minggu ini lumayan sering, apa karena terlalu panas?) ditunggu jawabanya Gan..

Anonim mengatakan...

Cara ganti firmware.a gmn . Pke software ap . Tlong lbh jls . Trimksh .

siswoyo hady mengatakan...

Ikut nimbrung Gan, untuk dvd player suara bagus gambar tidak ada/tidak tampil dilayar, solusinya gimaana gan? suwon....

Mochamad Ari @ Elektronika mengatakan...

untuk boodee...
silahkan di cek untuk optiknya,, bisa di adjustment optiknya itu.... kalaupun sudah diadjustment tetap gag bisa.. atau sering no disc. ya coba aja ganti pake optic yg 50rb_an.. dipasaran banyak...

untuk Anonim...
firmware bs di isi pake software avr, atmel... coba cari sendiri rangkaian copy eeprom 25XX atau 24Cxx
sesuai dengan IC EEpromnya...

untuk Siswoyo Hadi...
Wah... coba cek pengkabelannya dulu sebelum memvonisnya.... klo pun tetap, yang jelas itu MPEG bermasalah.... saya gag bsa ngasih solusi lebih.... kecuali ganti MPEG.....


terima kasih yang udah Coment,...
Sering berkunjung kemari yah....

edi tabuti mengatakan...

gan kalo dvd lagi di pake trs tiba-tiba gambar berhenti bgitu saja trs keluar suara (ngiing.ngiiing..) gitu gan ..saya harus cek apa'y dulu gan ...trim's di tunggu jwb'y ...wasllm.

edi tabuti mengatakan...

gan kalo dvd lagi di pake trs tiba-tiba gambar berhenti bgitu saja trs keluar suara (ngiing.ngiiing..) gitu gan ..saya harus cek apa'y dulu gan ...trim's di tunggu jwb'y ...wasllm.

Anonim mengatakan...

harga mpeg dvd merk tinwe brapa ya?

Mochamad Ari @ Elektronika mengatakan...

u/ @edi tabuti...
cek jalannya optik dulu gan... itu biasanya macet optiknya gag bisa gerak bebas...
Transvers Optic... nha itu istilahnya..

U/ anonim.. sy kurang tahu.. ma'af..

Ihyak Ul-Ulum mengatakan...

Klo DVD OP suaranya kecil+dengung itu knpa? mslahnya udah gnti PSU, krena PSU yg prtma udah short.

Mochamad Ari @ Elektronika mengatakan...

bisa jadi PSU nya yg gag cocok karena kurang kuat arusnya untuk mengangkat pre-amp...
atau..
kan tdi awalnya PSU nya short, bisa jadi masuk ke rangkaian pre amp... di cek satu per satu dul aja di pre-amp...
coba cek Elco2nya nya dulu aja gan...

Terima kasih...

Anonim mengatakan...

gan kalo dvd habis satu kaset lalu ganti yang lain lansung no disc,baru bisa lagi keesokan hari nya tu rusak apanya/ help me

romi mengatakan...

gan dvd saya mrk Tanaka,optik ,putaran pringan normal kok saya putar pringan cd tidak ada tampilan di tv dan jg suaranya?kira2 apaan sih gan msalah nya?

AZIZ MUSTHOFA mengatakan...

gan, dvd saya merk vitron tiba-tiba rusak dan tidak menyala lagi. Saya cek power supplynya nggak ada tegangan. Saya ganti dgn power supply yg baru. Tapi kok masih tetap gak nyala. Itu masalahnya apa?

diqwae's mengatakan...

gan optik sm dinamonya ga muter pada politron bigbab

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Untuk para sobat, saya minta saran dan kritiknya buat kemajuan blog ini. Atau setidaknya, qta bisa share bersama di Blog ini. Silahkan comment dalam bentuk saran, kritik, maupun untuk share. Thankz ya kawan...